DIKLATSAR Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Anggkatan VII (Panca Sabit) 2017

Di mulai dari pendaftaran calon anggota yang di lakukan di acara GESIT. Kemudian di dapatlah nama – nama calon anggota sebanyak 27 orang, Untuk mendapat kader yang sesuai dengan criteria KAMANTA, maka kami selaku Badan Pengurus Harian (BPH) dan Seluruh anggota KAMANTA melakukan penyeleksian, yaitu dari tes fisik sampai dengan tes kesehatan. Dari penyeleksian tersebut satu persatu dari pendaftar gugur dari 27 pendaftar yang tersisa hanya 5 Calon Anggota (CA’ANG) yang tersiri dari 3 Laki – laki dan 2 Perempuan. Setelah selesai tahap penyeleksian, kami dari BPH dan Anggota memberikan Materi tentang kealaman kepada semua Calon Anggota yang bertujuan agar mreka mengetahui apa saja yang di lakukan di alam bebas (Semua ada Ilmunya) dan untuk di aplikasikan pada saat Pendidikan Dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) yang di laksanakan pada tanggal 22 – 27 Desember 2017.

Pada tanggal 22 Desember 2017, peserta melakukan packing dan persiapan sebelum terjun ke lapangan, setelah itu di lakukan Upacara pembukaan yang di hadiri oleh Pihak Lembaga (KAMPUS STIE Banten). Kemudian keesokan harinya pada tanggal 23 Desember 2017, peserta berangkat ke Lokasi DIKLATSAR yang bertempat di Cihujan, Curug Cikotak, Cibanten Padarincang Serang Banten. Kegiatan Peserta selama diklatsar yaitu Mengaplikasikan semua materi yang sebelumnya panitia berikan kepada Peserta DIKLATSAR, dari mulai materi Keorganisasian, manajemen perjalanan, Survival, Navigasi Darat, P3K Paraktis, Lingkungan Hidup, Mountaineering, sampai dengan Sosiologi Pedesaan.

Jadi peserta selama DIKLATSAR dituntut untuk menjaga kekompakan / kebersamaan, tidak boleh egois, saling berbagi, peduli, peka terhadap lingkunga sekitar, disiplin waktu dari mulai bangun tidur, Solat, olahraga, makan, sampai dengan tidur kembali, dan waktu yang ada di manfaatkan semaksimal mungkin,  dan semua kegiatan yang di lakukan peserta itu atas dasar intruksi dari Panitia. setelah kegiatan di lapangan selesai pada tanggal 27 Desember 2017 pukul 13.00wib. setibanya peserta di kampus, kemudian di sambut oleh mapala Sebanten dan juga Mapala dari Sumatra yang sudah berkumpul menunggu untuk memberikan ucapan selamat atas bergabungnya menjadi anggota baru mapala, dan kemudian di lakukan penyematan Syal Anggota yang menandakan telah resmi menjadi anggota mapala, di akhiri dengan upacara Penutup.